Gaji Dirut BPJS Kesehatan Capai Ratusan Juta, Gung Rai: Gajinya Besar Kerjanya "Loyo"

banner 160x600

Women faceAnggota DPR RI dari Fraksi PDI perjuangan, I Gusti Agung Rai Wirajaya. (ist)

Denpasar, faktabali.com - Pelaksanaan program kesehatan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan jauh dari kata memuaskan. Selama empat tahun berjalan, berbagai persoalan muncul sehingga banyak pihak mendorong pemerintah melakukan evaluasi terhadap jajaran direksi BPJS Kesehatan.
 
Salah satunya datang dari Anggota DPR RI dari Fraksi PDI perjuangan, I Gusti Agung Rai Wirajaya. Gung Rai demikian akrab disapa mengatakan, ada yang salah dalam pengelolaan di BPJS Kesehatan sehingga beragam persoalan terus muncul sejak progam tersebut digulirkan sejak tahun 2014 silam.
 
Tidak itu saja, Gung Rai juga menyoroti besaran gaji yang diterima Direktur Utama (Dirut) BPJS Kesehatan, dengan kinerja yang dihasilkan. Menurutnya, dengan gaji yang begitu besar semestinya Dirut BPJS Kesehatan mampu membuat pelayanan yang baik, bukan malah sebaliknya.
 
"Gaji direkrtur utama BPJS kesehatan itu mencapai ratusan juta, lebih besar dari gaji dirut BUMN lainnya. Tapi kenapa dengan gaji sebesar itu, dirut BPJS Kesehatan tidak mampu bekerja dengan baik dan malah sebaliknya. Pelayanan semakin tidak memuaskan, banyak keluhan datang dari masyarakat, bahkan BPJS Kesehatan terus merugi, ini ada apa," kata Gung Rai saat ditemui di Denpasar, Kamis (8/11/2018).
 
Ia mengakui banyak faktor yang membuat BPJS Kesehatan terus menerus mengalami defisit anggaran. Namun hal itu tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak membuat BPJS Kesehatan lebih baik lagi.
 
"Kalau memang sudah pengalaman menjadi direksi semestinya paham dan mengerti langkah apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi persoalan. Ini sudah gaji besar, kerja segitu-segitu saja, ya jangan salahkan kalau masyarakat bertanya dirut BPJS Kesehatan itu kerjanya apa kok tidak ada perbaikan pelayanan," ucap politikus yang kembali maju ke DPR RI dari dapil Bali nomor urut 4 ini.
 
Anggota Komisi XI DPR RI yang membidangi Keuangan dan Perbankan ini menyatakan, pihaknya tidak bisa melakukan evaluasi secara total terhadap kinerja BPJS Kesehatan karena yang menangani persoalan kesehatan adalah Komisi IX DPR RI.
 
"Mereka tidak bermitra dengan Komisi XI, kalau bermitra bisa kami koreksi gaji dirut BPJS Kesehatan. Seperti yang sudah kami lakukan terhadap Gubernur BI, dan dirut BUMN yang lain, biar tidak njomplang antara gaji besar tapi kinerja loyo," pungkas Gung Rai Wirajaya.
 
Editor : Ray Wiranata