Akhir Tahun, Telkomsel Prediksi Trafik Layanan Data Melonjak 20 Persen

banner 160x600

Women faceTelkomsel menyiagakan unit mobile BTS untuk melayani kebutuhan komunikasi pelanggan pada momen Natal dan Tahun Baru. (ist)

Denpasar, faktabali.com - Pada puncak Natal dan Tahun Baru, Telkomsel memprediksi trafik layanan data atau payload meningkat 20 persen dibandingkan hari biasa. Kenaikan trafik layanan data ini akan didominasi oleh trafik layanan video sebesar 31 persen.
 
"Kenaikan dikarenakan pelanggan memanfaatkan layanan data untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui layanan media sosial, pesan instan, mendengarkan musik secara streaming, serta bermain online games," kata Corporate Communications Telkomsel Bali Nusra, Teni Ginaya melalui siaran pers, Rabu (26/12/2018).
 
Selain layanan data, trafik layanan SMS juga diprediksi mengalami kenaikan lebih dari 0,5 persen pada periode ini. Berbanding terbalik dengan layanan data dan SMS, trafik layanan suara diperkirakan cenderung menurun tipis, sekitar 1,4 persen dibandingkan hari biasa.
 
Mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang umumnya terjadi pada periode Natal hingga Tahun Baru, Telkomsel telah memperkuat seluruh elemen jaringannya. Sebanyak 88 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS dikerahkan di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat untuk menjamin kenyamanan pelanggan menggunakan layanan komunikasi.
 
Bahkan secara khusus, Telkomsel membangun 776 base transceiver station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) baru dengan menyiapkan kapasitas bandwidth hingga 4,2 Tbps di seluruh Indonesia untuk menghadirkan layanan yang berkualitas dengan kapasitas yang memadai.

"Optimalisasi jaringan dilakukan di 628 titik yang diprediksi menjadi pusat keramaian publik pada periode liburan Natal dan Tahun Baru seperti di alun-alun, obyek wisata, stasiun, terminal, ruas jalan tol, mall dan pusat perbelanjaan. Telkomsel juga telah mengantisipasi kenaikan trafik data dan pengamanan jaringan di lokasi infrastruktur baru seperti jalur tol dan bandara yang sudah beroperasi," terang Teni.
 
Editor : Ray Wiranata