Antisipasi Kejahatan Jalanan, Kapolsek Kuta Kumpulkan Pengusaha Toko Modern

banner 160x600

Women faceKapolsek Kuta AKP Teuku Ricki Fadlianshah bersama pengusaha toko modern di Kuta

Badung, faktabali.com - Sudah menjadi rahasia umum aksi kejahatan jalanan berupa jambret dan copet sangat marak terjadi di kawasan Kuta dan sekitarnya. Modus yang dilakukan kawanan pelaku seperti berpura-pura menawarkan jasa transport, atau sengaja menunggu wisatawan pulang ke hotel dengan jalan kaki setelah menikmati hiburan malam.
 
Tidak sedikit pelaku kejahatan yang ditangkap bahkan ditembak oleh petugas kepolisian merupakan residivis dalam kasus yang sama. Mendekam dibalik jeruji yang pengap belum mampu membuat jera, bahkan aksi yang dilakukan penjahat jalanan kian merajalela. Maraknya aksi jambret dan copet di kawasan Kuta tak ayal membuat turis resah.
 
Di sisi lain, banyak pihak menuding dan menganggap Lembaga Pemasyarakatan sebagai wadah Pembinaan Narapidana telah gagal menjalankan fungsinya.
 
Kapolsek Kuta AKP Teuku Ricki Fadlianshah saat ditemui mengakui aksi jambret dan copet di wilayah Kuta belakangan kembali marak terjadi. Namun beberapa pelaku sudah berhasil diamankan.
 
Terkait dengan pelaku residivis, pihaknya telah melakukan pengawasan setelah sebelumnya berkoordinasi dan meminta data dari pihak LP Kerobokan mengenai pelaku kejahatan jalanan yang baru keluar dari penjara. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pengawasan terhadap para residivis di lapangan.
 
"Setelah kami dapat data kemudian kita lakukan pengawasan, termasuk mengawasi rumahnya. Kejadian terakhir saat pelaku beraksi di Kuta langsung bisa kita tangkap karena data sudah kami pegang," jelas Kapolsek saat ditemui di Mapolsek Kuta, Selasa (17/7/2018).
 
Untuk menekan aksi jambret dan copet di seputaran Kuta, AKP Teuku Ricki menyebut, unit reskrim bersama intel dan sabhara disebar dititik-titik yang dianggap rawan kejahatan. Tidak hanya itu, kerjasama dengan stakeholder lain juga dilakukan untuk menjaga keamanan di wilayah Kuta.
 
"Hari ini kami mengundang pengusaha toko modern yang ada di Kuta dan melakukan diskusi serta memberikan masukan terkait langkah-langkah saat menghadapi aksi kejahatan. Kedepan kami juga akan mengundang pengusaha hotel dan pengusaha tempat hiburan. Intinya, kami sebagai petugas kepolisian menginginkan Kuta dan sekitarnya aman dari aksi kejahatan jalanan," terang Kapolsek didampingi Kanit Reskrim Iptu Aan Saputra.
 
Reporter : Agung Widodo
Editor      : Ray Wiranata