Dongkrak Kunjungan, Wisata Halal Menjadi Branding NTB Dalam Menggaet Wisatawan



banner 160x600
Women face

Mataram, faktabali.com - Pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tengah berkembang. Saat ini, Provinsi yang berjuluk pulau seribu masjid ini menjadi salah satu dari 10 destinasi wisata yang ada di Indonesia. 

Karo Humas dan Protokol Provinsi NTB, Irnadi Kusuma mengatakan, dalam tiga tahun terakhir, jumlah kunjungan wisatawan baik wisatawan asing maupun domestik terus mengalami kenaikkan. 

"Target kami untuk 2017 jumlah wiasatawan yang berkunjung sebanyak 3,5 juta. Hingga bulan Juni, kunjungan wisatawan mencapai 1.495.419 dengan rincian 826.524 wisatawan domestik dan 668.895 wisatawan asing," ungkapnya saat menerima rombongan Biro Humas dan Protokol Provinsi Bali, Selasa (3/10/2017).

Irnadi menjelaskan, saat ini wisata halal atau muslim friendly menjadi branding yang ditawarkan Provinsi NTB kepada wisatawan. Apalagi, NTB dua kali mendapat penghargaan best world halal tourism.

"Tahun 2015 kami mendapatkan dua penghargaan best halal dengan dua katagori yaitu World’s Best Halal Tourism Destination dan World’s Best Halal Honeymoon Destination. Tahun 2016 kami mendapat penghargaan dengan tiga katagori yaitu World's Best Halal Honeymoon Destination, World's Best Halal Beach Resort, dan World's Best Halal Travel Website," terangnya.

Irnadi kembali menambahkan, jika tahun tahun 2017 pihaknya mempunyai target kunjungan wisatawan yang datang ke NTB sebanyak 3,5 juta, maka tahun 2018, target kunjungan dinaikkan menjadi 4,5 juta wisatawan.
 
"Disamping wisatawan Timur Tengah, pasar utama kita adalah wisatawan dari Malaysia. Karena wisatawan Malaysia sangat menyukai apa-apa yang ada di Lombok, terutama halal food nya," jelasnya.
 
Reporter : Agung Widodo
Editor      : Ray Wiranata