Gelar Ramp Check, Otban Tampik Pemeriksaan Hanya Dilakukan Pasca Musibah Jatuhnya Pesawat Lion Air

banner 160x600

Women faceRamp check salah satu pesawat di Bandara I Gusti Ngurah Rai

Badung, faktabali.com - PT Angkasa Pura 1 Cabang Bandara I Gusti Ngurah Rai melalui Otoritas Bandara (Otban) melakukan ramp check atau pengecekan operasional maskapai, pesawat dan pilot terhadap pesawat Garuda Indonesia dan Nam Air yang baru landing di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.
 
"Ramp check ini kita gelar secara random. Tujuannya adalah untuk keselamatan penerbangan," ucap Kepala Otoritas Bandara (Otban) Wilayah IV Bali Nusra, Herson, disela kegiatan pengecekan, Minggu (4/11/2018).
 
Herson menerangan, sebelumnya telah dilakukan hal yang sama terhadap dua pesawat jenis Boeing 738 Max 8 milik maskapi penerbangan Lion Air yang tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai.
 
Pemeriksaan sendiri diantaranya meliputi kelengkapan administrasi dan sertifikasi, pengecekan terhadap teknis baik pesawat maupun engine-nya.Nanti hasilnya akan dilaporkan dan dijadikan bahan evaluasi dalam penerbangan.
 
"Sebelum ramp check dilakukan, kami terlebih dulu memberi informasi kepada maskapai bahwa akan dilakukan ramp check secara random atau acak. Pemeriksaan ini rutin, dan tidak hanya pasca musibah kecelakaan pesawat beberapa hari lalu," tuturnya.
 
Ia menambahkan, lama pemeriksaan tergantung jenis pesawatnya. Ketika disinggung mengenai pesawat Lion Air, Herson mengakui jika maskapai tersebut pernah melakukan pelanggaran namun pelanggaran yang dilakukan tidak fatal, dan hanya beberapa pelanggaran kecil.
 
"Kami tidak memberikan sanksi karena pelanggaran yang dilakukan bukan hal fatal. Ketika kami sampaikan mereka sangat kooperaktif dan mau memperbaiki," pungkasnya.
 
Reporter : Agung Widodo
Editor      : Ray Wiranata