Gubernur Bali: Bali Aman, Wisatawan Jangan Ragu Untuk Datang ke Bali



banner 160x600
Women face

Denpasar, faktabali.com - Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan, meski Gunung Agung berstatus Awas, hal itu tidak akan berpengaruh secara signifikan bagi kunjungan wisatawan ke Bali. Menurutnya, jika memang harus meletus, yang terkena dampak langsung adalah 28 desa dengan radius 12 kilometer dari kawah Gunung Agung.

“Destinasi wisata Bali itu ada di Ubud, Nusa Dua, Kuta, Sanur, dan sekitarnya yang jaraknya puluhan kilometer dari Gunung Agung. Jadi jangan ragu untuk berwisata ke Bali, kecuali wisata mendaki Gunung Agung itu saya larang karena berbahaya,” terangnya, Selasa (3/10/2017) dalam pertemuan dengan sejumlah pelaku pariwisata bertempat di Kantor Dinas Pariwisata Provinsi Bali.

Dihadapan pelaku pariwisata, Gubernur juga meminta agar mereka terus melakukan sosialisasi melalui biro perjalanan maupun Konsulat Jendral yang ada di Bali terkait kondisi Bali saat ini dan melakukan klarifikasi terhadap berita-berita hoax yang tersebar.

“Saya juga berencana bertemu dengan para Konsul yang ada di Bali untuk menyampaikan kondisi Bali saat ini, sehingga tidak ada kesimpang siuran informasi. Saya harap negara-negara yang mengeluarkan Travel Warning agar menarik himbauannya. Bali aman, silahkan datang untuk berwisata ke Bali,” sambungnya.

Selain itu, Gubernur juga berpesan kepada masyarakat agar tidak terlalu khawatir dan parno akan kondisi Gunung Agung. “Jika dibandingkan dengan tahun 1963 kondisi saat ini tentu beda, sekarang mitigasi bencana kita sudah lebih bagus, peranan pemerintah juga sudah lebih efektif tidak seperti dulu, disamping itu teknologi informasi kita makin canggih sehingga akan  meminimalisir kemungkinan terburuk,” terangnya.

“Jadi sekali lagi saya tegaskan Bali dalam kondisi baik baik saja, tidak ada yang perlu dikawatirkan, jikapun Gunung Agung meletus semua sudah siap,” pungkasnya.

Editor : Ray Wiranata