Usung Cok Ibah dan Gus Gaga Pimpin Gianyar

NasDem Umumkan Paket Calon Bupati Gianyar dan Paket Calon Bupati Klungkung 2018



banner 160x600
Women face

Denpasar, faktabali.com - DPW Partai NasDem , Kamis (5/10) mengumumkan rekomendasi paket Bupati dan Wakil Bupati untuk memimpin Klungkung dan Gianyar periode 2018-2023. Untuk Kabupaten Klungkung, NasDem tetap mengusung paket I Nyoman Suwirta-Made Kasta yang kini masih memimpim bumi Serombotan tersebut. Sedangkan Gianyar, NasDem melahirkan pasangan andal Tjok. Raka Kertiyasa (Cok Ibah)-IB Gaga Adisaputra (Gus Gaga).

Pengumuman kedua paket disaksikan langsung Ketua DPD NasDem Klungkung K. Sukma Sucita dan Ketua DPD NasDem Gianyar Made Kariasa. “Rekomendasi kedua paket ini sebenarnya sudah diteken DPP NasDem pada tanggal 20 September lalu. Namun karena kondisi di Bali tengah menghadapi situasi Gunung Agung maka pengumuman kami tunda. Kami lebih prioritaskan dan fokus untuk Gunung Agung lebih dulu,” ujar Ketua DPW Partai NasDem Bali IB Oka Gunastawa saat mengumumkan keputusan DPP tersebut di kantor NasDem Bali Jalan Batanghari.

Pengumuman dua paket tersebut tambah Oka Gunastawa setelah berdasarkan berbagai pertimbangan serta keputusan dari DPP. “Salah satu pertimbangannya calon-calon tersebut dinilai layak dan memiliki potensi besar untuk memajukan masing-masing daerah menjadi lebih baik dan berkembang ke depannya,” ujarnya. Untuk Klungkung, disebutkan incumbent Suwirta-Kasta masih sangat dibutuhkan masyarakat. Karena itu NasDem yang dalam pilbup lalu juga mengusung paket ini, langsung menetapkan dan mendukungnya kembali.

Demikian pula untuk paket Cok Ibah-Gus Gaga, partai yang dilahirkan Surya Paloh ini juga melihat kedua figur tersebut sangat potensial memajukan kabupaten seni ini. “Kami tak perlu menunggu yang lainnya. NasDem punya pola sendiri dalam melahirkan pemimpin. Jadi kami langsung menetapkannya setelah melalui penjaringan dan penyaringan,” tambah Oka Gunastawa saat ditanya langkah cepat yang dilakukannya. Meski demikian Oka mengatakan sikap NasDem ini tetap mempertimbangkan berbagai hal termasuk kemungkinan nantinya bergandengan dengan yang lain untuk memenangkan paket calonnya. Pada intinya makin cepat figur dimunculkan akan memberikan kesempatan lebih banyak bagi masyarakat untuk menilai calon yang akan dipilih menjadi pemimpinnya. Apakah paket itu nantinya akan berubah menurut Oka Gunastawa tak masalah. NasDem selama ini mengusung “Politik Bergembira”. “Jadi NasDem tak berhadap-hadapan dengan yang lain. Kompetisi yang muncul tetap dalam suasana harmoni,” tegas oka Gunastawa menanggapi kedekatannya dengan sejumlah elite parpol.

Di awal rapat yang dihadiri Sekwil AA Parwata, pengurus DPD NasDem Gianyar dan Klungkung serta jajaran DPW NasDem Bali itu, Oka Gunastawa mengatakan kondisi Gunung Agung setelah ditetapkan dalam status awas menjadi perhatian serius Partai NasDem. Bahkan DPP langsung menurunkan Badan Rescue yang berkekuatan 100 orang terdiri dari 40 dokter dan 60 paramedis serta peralatan penunjang lainnya baik angkutan serta obat-obatan. “Kekuatan itu akan ditambah lagi sesuai kebutuhan di lapangan nantinya,” tegas Gunastawa.