PHDI Imbau Pawai Ogoh-ogoh Tidak Gunakan Sound System

No comment 188 views
banner 160x600

Women faceKetua PHDI Bali I Gusti Ngurah Sudiana

Denpasar, faktabali.com - Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali mengimbau kepada masyarakat agar pada saat pawai ogoh-ogoh di malam pengrupukan tidak menggunakan peralatan modern seperti sound system.
 
"Jangan menggunakan sound system saat mengiringi pawai ogoh-ogoh tapi mari kita gunakan gamelan tradisional. Ini merupakan tradisi kita, ciri khas kita," ucap Ketua PHDI Bali I Gusti Ngurah Sudiana saat ditemui di Denpasar, Kamis (7/2/2019).
 
Menurutnya, penggunaan gamelan tradisional saat kegiatan yang berhubungan dengan ritual keagamaan sudah menjadi ciri khas masyarakat Bali dan tidak bisa digantikan dengan apapun.
 
"Kalau menggunakan sound system apa yang akan kita tonjolkan. Orang Bali dikagumi oleh masyarakat daerah lain dan juga negara-negara lain karena tradisionalnya," tegasnya.
 
Ia juga meminta kepada tokoh-tokoh adat desa agar mengingatkan para pengusung ogoh-ogoh untuk tidak mengkonsumsi alhokol sebelum pawai. Selain dinilai tidak layak, dikhawatirkan dapat menimbulkan persoalan lain.
 
"Pawai ogoh-ogoh jangan sampai lewat dari jam 11 malam. Para tokoh desa adat, sesepuh-sesepuh desa setempat juga harus mengingatkan supaya pengusung ogoh-ogoh tidak minum-minuman beralkohol. Berikan penjelasan serta filsafatnya terkait makna supaya mereka paham," kata Sudiana.
 
Reporter : Agung Widodo
Editor      : Ray Wiranata