Resmi Berakhir, Peserta ICNT Mengaku Puas Dengan Keramahan Masyarakat Gianyar



banner 160x600
Women faceSalah satu layangan yang dinaikkan dalam pembukaan ICNT beberapa hari lalu.

Gianyar, faktabali.com - International Conference of National Trusts (ICNT) hari ini telah selesai. Kegiatan yang berlangsung selama sepekan ini menghasilkan berbagai keputusan penting.
 
Chairman of Board of Trustees, Hashim Djojohadikusumo mengatakan, salah satu keputusan penting yang di ambil dalam konferensi tingkat dunia yang di ikuti oleh 200 orang dari 31 negara ini adalah deklarasi Gianyar.
 
"Deklarasi Gianyar adalah pernyataan dari para peserta konferensi dan di dukung oleh organisasi INTO. Ada beberapa prinsip yang dinyatakan sebagai tujuan kita bersama, yaitu warisan budaya adalah tanggungjawab kita semua, tidak hanya kita LSM, tapi juga pemerintah dan masyarakat luas," ucapnya, Jum'at (15/9/2017) seusai penutupan.
 
Ditempat yang sama, Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata mengatakan, meski konferensi telah berakhir, bulan depan dirinya meminta BPPI datang lagi ke Gianyar untuk memberikan edukasi kepada anak-anak tentang musium.
 
Menurut Bupati, jika tidak dari sekarang anak-anak di beri pemahaman tentang musium, maka mereka tidak akan tau tentang masa lalu. "Musium itu bukan peraga mati, musium adalah simbol-simbol wakil masa lalu dan harus kita ambil emosi positifnya," terangnya.
 
Namun ketika di tanya apakah kedepannya program ini akan dimasukkan dalam kurikulum pendidikan, Gung Bharata menyatakan belum dan kemungkinan masuk dalam program ekstrakulikuler.
 
"Nanti saya akan sampaikan kepada Menteri Pendidikan, bahwa program saya untuk tingkat SMP adalah 40 persen materinya pendidikan keilmuan, 60 persen budi pekerti dan budaya, itu menarik sekali kalau menurut saya. Mudah-mudahhan sebelum masa tugas saya selesai, konsep itu sudah selesai," bebernya.
 
Sementara itu, Chairperson BPPI, Cartini Pratihari Kubontubuh, menambahkan, kegiatan yang di gelar mendapat apresiasi yang luar biasa dari para peserta konferensi. Menurut peserta, masyarakat Gianyar telah mampu menjadi wakil Indonesia dalam menunjukkan keramahtamahan. 
 
"Semua menyatakan kepuasan, kesenangan dan berbahagia dengan acara yang di gelar di Gianyar ini. Karena ini mewakili budaya Bali, dan juga keramahan sebagai warga Indonesia," terangnya. 
 
Reporter : Agung Widodo
Editor      : Ray Wiranata