Selama 2 Hari, PLN Ajak Guru dan Dosen Belajar Tentang Listrik



banner 160x600
Women facePelatihan peningkatan kompetensi pada bidang SCADA yang di gelar PLN. (ist)

Denpasar, faktabali.com - PLN kembali menunjukan kepeduliannya di bidang pendidikan. Melalui PLN Peduli, PT PLN (Persero) Area Pengatur Distribusi Bali menggelar pelatihan peningkatan kompetensi pada bidang SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition) yang merupakan sistem untuk melakukan pengawasan dan pengumpulan data berbasis komputer. 
 
Bertempat di PLN APD Bali, pelatihan yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 19-20 Oktober tersebut di ikuti oleh 14 orang peserta yang terdiri dari guru SMK dan dosen di wilayah Bali.
 
Peserta tidak hanya belajar secara teori di dalam ruangan, tetapi berkesempatan untuk mempelajari implementasi proteksi di sistem 20 kV pada Gas Insulated Switchgear (GIS) yang terletak di sebelah selatan Bandara International Ngurah Rai Bali secara langsung. 
 
Dalam kesempatan tersebut, Manajer PLN APD, Anton Sugiarto menyampaikan bahwa pelatihan dilakukan agar PLN dapat berbagi ilmu dengan akademisi terutama di bidang ketenagalistrikan.
 
"Kami (PLN) sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin datang dan belajar bersama," ujar Anton dalam sambutannya, Jum'at (20/10/2017).
 
Tidak hanya mempelajari tentang SCADA, pada hari kedua pelatihan, peserta juga diberikan materi mengenai teori dasar dan praktek pemanfaatan modul Programmabel Logic Controller (PLC) dengan dibimbing langsung oleh instruktur dari PT Schneider Indonesia.
 
Dalam kesempatan yang sama, General Manager PLN Distribusi Bali, Nyoman S.Astawa mengungkapkan harapannya bahwa kedepan kegiatan pelatihan dapat diikuti dari level pengajar hingga pelajar. 
 
"Saya berharap kegiatan seperti ini dapat diikuti juga oleh pelajar maupun mahasiswa agar dapat mengenal sistem SCADA lebih awal, sehingga jika mereka bekerja pada perusahaan yang menggunakan sistem ini, mereka sudah siap," ujar Astawa. (Humas PLN)
 
Editor : Ray Wiranata