Terima Ganja Dari Taiwan, Bule Amerika Diringkus Petugas Gabungan

banner 160x600

Women faceBule Amerika penerima ganja dari Taiwan

Badung, faktabali.com - Upaya penyelundupan narkoba dari luar negeri melalui Terminal Kargo Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai berhasil digagalkan petugas gabungan dari Bea Cukai Ngurah Rai, Polresta Denpasar dan Satgas CTOC.
 
"Sebelum melakukan penangkapan terhadap penerima barang kita lakukan upaya control delivery terlebih dahulu," ungkap Untung Basuki Kepala Kantor Wilayah DJBC Bali, NTB dan NTT saat ekspose kasus di Kantor Bea Cukai Ngurah Rai, Tuban, Kabupaten Badung, Selasa (12/2/2019).
 
Pengungkapan upaya penyelundupan berawal dari kecurigaan petugas terhadap sebuah paket barang yang dikirim dari Taiwan bernomor AWB 6198949923 di Terminal Kargo Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai, Kamis (31/2/2019). Petugas kemudian melakukan pemeriksaan secara mendalam terhadap isi paket dan menemukan sebuah keyboard komputer.
 
"Setelah dibuka pada bagian dalamnya terdapat dua bungkusan tissue berwarna putih. Di dalam masing-masing bungkusan tersebut terdapat sebuah plastik bening berisi potongan tanaman berwarna hijau kecokelatan yang merupakan sediaan narkotika jenis ganja. Total diperoleh barang bukti berupa dua bungkusan berisi daun ganja dengan total berat bersih 45,12 gram," jelas Untung.
 
Melalui upaya control delivery yang dilakukan Bea Cukai bersama Polresta Denpasar dan Satgas CTOC penerima paket berinisial RMA berhasil ditemukan. Kepada petugas, RMA mengaku bahwa penerima sebenarnya adalah seorang temannya berinisial A, yang kemudian datang untuk mengambil paket tersebut dari RMA.
 
"Berdasarkan pengakuan A, paket tersebut adalah titipan HAB (60) warga negara Amerika Serikat yang datang ke Bali pada tanggal 3 Februari 2019. Kami kemudian melakukan pengembangan, hingga akhirnya berhasil mengamankan tersangka HAB," terang Untung.
 
Ia melanjutkan barang bukti dan tersangka telah diserahterimakan ke Polresta Denpasar untuk proses hukum lebih lanjut. "Modus yang digunakan oleh para penyelundup semakin beragam, namun pengawasan tetap kami usahakan semaksimal mungkin," kata Untung.
 
Pihaknya juga mengapresiasi seluruh jajaran petugas Bea Cukai dan juga instansi terkait seperti Polresta Denpasar dan Satgas CTOC yang telah melakukan sinergi dengan baik sehingga berhasil mengagalkan upaya-upaya penyelundupan narkotika ini.
 
"Kedepannya, diharapkan sinergi ini dapat terus ditingkatkan demi melindungi masyarakat dari dampak negatif penyalahgunaan narkotika," tutur Untung Basuki.
 
Reporter : Agung Widodo
Editor      : Ray Wiranata