Usai Serahkan Bantuan, Dandim Jembrana Meninjau Bendungan Jebol di Penyaringan

banner 160x600

Women face

Jembrana, faktabali.com - Dandim 1617/Jembrana Letkol. Kav. Djefry Marsono Hanok meninjau Bendungan Tegal Gintung di Lingkungan Munduk Anyar, Kelurahan Tegalcangkring, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana yang jebol pada saat banjir bandang, Sabtu (22/12/2018) silam.
 
PPL Kelurahan Tegalcangkring, I Wayan Sukadana mengatakan, perbaikan bendungan dan saluran irigasi sangat dibutuhkan oleh warga masyarakat yang memiliki sawah (petani) di Desa Penyaringan dan Kelurahan Tegalcangkring.
 
"Karena ini untuk kelancaran dalam pengairan sawah sehingga diperlukan penanganan yang cepat dari pihak pemerintah daerah agar saluran irigasi tersebut dapat dinormalisasi dan dapat mengairi sawah yang saat ini sudah memasuki musim tanam," ucapnya kepada Dandim, Selasa (8/1/2019).
 
Menurut Wayan Sukadana, sawah yang tengah membutuhkan air antar lain sawah Subak Penyaringan, Subak Tegal Gintung, Subak Pergung, Subak Delod Berawah, dan Subak Yeh Kuning dengan luas keseluruhan sekitar 436 Hektare.
 
Mendengar hal itu, Dandim Jembrana Letkol. Kav. Djefry Marsono Hanok menegaskan pihaknya akan membantu semaksimal mungkin dalam menormalisasi bendungan dan saluran irigasi tersebut dengan akan diadakannya karya bakti untuk memperbaiki saluran irigasi yang tersumbat.
 
"Kita akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk merehabilitasi Bendungan Tegal Gintung yang rusak parah diterjang banjir bandang," ucap Dandim.
 
Saat meninjau, Dandim didampingi juga Danramil 1617-02/Mendoyo Kapten Inf. Supena, Koordinator Penyuluh Pertanian I Ketut Suardana, Babinsa Kelurahan Tegalcangkring dan Desa Penyaringan, PPL Kelurahan Tegalcangkring, I Wayan Sukadana serta staf Desa Penyaringan dan Penjaga Bendungan Tegal Gintungan.
 
Untuk menuju lokasi bendungan, Dandim dan rombongan harus berjalan kaki menempuh jarak 1 kilometer menuju bendungan karena akses jalan menuju lokasi hanya ada jalan setapak.
 
Setibanya di lokasi rombongan mengecek kondisi Bendungan Tegal Gintung yang rusak akibat diterjang banjir bandang dan irigasi yang ada di Lingkungan Munduk Anyar dan Banjar Penyaringan yang tersumbat oleh tanah bekas endapan banjir bandang serta kondisi saluran irigasi yang mensuplai air ke sawah Subak Penyaringan.
 
Sebelumnya, Dandim 1617 Jembrana Letkol Kav Jefry Marsono Hanok bersama Ketua Persit Kodim 1617/Jembrana Cabang XXXVI menyerahkan bantuan Sembako kepada korban banjir bandang bertempat di Posko korban bencana banjir bandang, Lingkungan Bilukpoh Kangin, Kelurahan Tegalcangkring dan Banjar Anyar Kelod, Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana.
 
Sebanyak 20 paket sembako yang diberikan kepada masyarakat berupa mie instan 20 dus, beras 100 Kg, minyak goreng sebanyak 20 botol, kopi, gula, teh serta pakaian layak pakai 4 kantong plastik.
 
Reporter : Agung Widodo
Editor      : Ray Wiranata